Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peninggalan Kerajaan Kutai Prasasti Yupa

Kerajaan tertua tersebut di ketemukan telah meninggalkan beberapa peninggalan bersejarah. KERAJAAN KUTAI Kerajaan Kutai merupakan Kerajaan Hindu pertama yang ada di Indonesia sejak abad ke 4 masehi.


Pin On Kamus Sejarah

Dugaan tersebut diperkuat dengan isi dari prasasti yang menyebutkan bahwa Maharaja Kudungga raja di kerajaan Kutai memiliki putra yang masyhur yang bernama Sang Aswawarman-dia disebut seperti Dewa Matahari.

Peninggalan kerajaan kutai prasasti yupa. Prasasti Yupa adalah salah satu peninggalan tertua Kerajaan Kutai dan objek ini adalah bukti sejarah Kerajaan Hindu di Kalimantan. Berikut ini penjelasan isi 7 Prasasti Kerajaan Kutai. Ya kerajaan Kutai sering dibahas dalam buku pelajaran sejarah.

Kerajaan Kutai yang terletak di Muara Kaman ini meninggalkan tujuh. Isi prasasti ini banyak membahas tentang kerajaan dan kejayaan di masa Maharaja Mulawarman. Dari prasasti ini juga kita dapat mengetahui bahwasanya Kerajaan Kutai mengalami masa kejayaan keemasan saat dipimpin oleh raja bernama Mulawarman.

Kerajaan Kutai yang berada di Kalimantan Timur merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Bagi yang belum membacanya bisa dibaca terlebih dahuluDalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua yang pernah berdiri di Nusantara. Sala satunya adalah Prasasti Yupa.

Prasasti Kerajaan Kutai atau yang juga dikenal dengan nama Prasasti Yupa ini merupakan peninggalan Kerajaan Kutai yang berjaya pada abad ke-4. Prasasti ini adalah peninggalan sejarah yang paling tua. Prasasti ini merupakan bukti terkuat adanya Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

Diperkirakan kerajaan kutai ini berdiri pada abad ke-5 Mi atau sekitar 400 M. Peninggalan Sejarah Kerajaan Kutai Kerajaan kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Prasasti Peninggalan Kerajaan Kutai yang tersimpan rapi di museum Mulawarman kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara antara lain.

Ada 7 prasasti Yuoa yang masih bisa dilihat hingga hari ini. Diperkirakan Prasasti Yupa dibuat oleh kaum Brahmana sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa dan perbuatan mulia raja kerajaan Kutai yang bernama Mulawarman. Isi 7 Prasasti Yupa - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Kerajaan Kutai mulai dari awal berdiri lokasi masa kejayaan masa keruntuhan dan beberapa peninggalannya.

Tulisan pada prasasti Yupa menggunakan bahasa Sansakerta atau huruf Pallawa. Sosial budaya politik dan ekonomi. Keberadaan kerajaan ini bermula ketika ditemukannya 7 buah prasasti berupa Yupa yang menggunakan huruf Pallawa dan pada bahasa sansekerta mengenalkan kerajaan Kutai dalam berbagai fitur kehidupan antara lain.

Prasasti Yupa merupakan prasasti pertama yang pernah dibuat oleh Kerajaan Kutai sekaligus menjadi peninggalan tertua dari kerajaan Hindu tersebut. Kerajaan yang bercorak Hindu ini memiliki bukti sejarah tertua dari Kerajaan yang bercorak Hindu di Nusantara yaitu Prasasti Yupa. Prasasti Yupa berbentuk seperti tiang batu yang dipakai untuk mengikat kurban hewan atau.

Parasasti Yupa merupakan salah satu prasasti tertua yang ada di tanah air. Setidaknya ada 7 prasasti yupa yang masih ada. Prasasti Mulawarman terdiri dari 7 yupa yupa sendiri adalah sebuah tugu atau monumen yang terbuat dari batu sebagai bentuk.

Salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang paling penting adalah Prasasti Yupa. Prasasti ini menjadi bukti sejarah terkuat bahwa pernah ada kerajaan Hindu yang terletak di Kalimantan. Prasasti Yupa merupakan prasasti peninggalan Kutai.

Terdapat 7 buah Prasasti Yupa yang masih bisa dilihat sampai sekarang. Isi tujuh buah Yupa yang merupakan peninggalan prasasti Kerajaan Kutai ini menceritakan kehudupan politik sosial budaya dan agama. Letak kerajaan kutai berada di.

Setelah mengetahui tentang sejarah singkat dari Kerajaan Kutai berikut ini akan kami sampaikan beberapa peninggalan dari Kerajaan Kutai yang masih bisa dilihat hingga sekarang di Museum Nasional Jakarta dan juga Museum Mulawarman Tenggarok Kutai Kartanegara. Awalnya yang ditemukan hanya 4 tiang batu saja namun setelah dilakukan pencarian kembali barulah 3 tiang batu lainnya ditemukan dan menggenapkan jumlahnya menjadi 7 tiang batu. Prasasti Yupa ditemukan di Bukit Berubus Muara Kaman Kalimantan Timur pada tahun 1879.

Salah satu bukti sejarah dan peninggalan dari Kerajaan Kutai yakni ditemukannya prasasti Mulawarman atau prasasti Muarakaman. Prasasti ini pertama kali ditemukan di Kabupaten Kutai Kalimantan Timur yaitu di hulu Sungai Mahakam. Tetapi di dalam buku sejarah tersebut jarang yang memberi tahu peninggalan-peninggalan sejarah Kerajaan Kutai.

7 Prasasti Yupa Peninggalan Kerajaan Kutai Sebagai Bukti Sejarah. Hal ini terbukti dengan ditemukannya tujuh prasasti yupa batu tulis yang ditulis menggunakan huruf pallawa dan berbahasa sanskerta. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua yang ditemukan oleh para ahli sejarah.

Peninggalan Bersejarah Kerajaan Kutai. Bagi kamu yang suka baca buku sejarah pasti sudah tidak asing dengan kerajaan ini. Yupa adalah pilar batu yang digunakan untuk mengikat hewan atau korban manusia yang dipersembahkan kepada para Dewa dan pada pilar batu ada prasasti yang diukir.

Peninggalan terakhir yang cukup penting dari kerajaan Kutai adalah Prasasti Yupa. Yupa berbentuk tugu peringatan pada upacara tertentu. Sejak ditemukannya prasasti Yupa tersebut maka lahirlah nama kerajaan Kutai ini.


Pin On Collection Od


Sejarah Kerajaan Kutai Kerajaan Kutai Diperkirakan Berdiri Pada Abad Ke 5 Masehi Ini Dibuktikan Dengan Ditemukannya 7 Buah Yupa Prasa Indonesia Candi Sejarah


Pin On Kutai


Posting Komentar untuk "Peninggalan Kerajaan Kutai Prasasti Yupa"