Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Prasasti Yupa Peninggalan Kerajaan Kutai

Isi prasasti ini banyak membahas tentang kerajaan dan kejayaan di masa Maharaja Mulawarman. Salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang paling penting adalah Prasasti Yupa.


Peninggalan Prasasti Candi Sastra Tradisi Yang Bercorak Agama Hindu Bangunan Dan Tradisi Peninggalan Agama Hindu

Isi 7 Prasasti Yupa - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Kerajaan Kutai mulai dari awal berdiri lokasi masa kejayaan masa keruntuhan dan beberapa peninggalannya.

7 prasasti yupa peninggalan kerajaan kutai. Prasasti Yupa merupakan salah satu dari peninggalan Kerajaan Kutai tertua dan benda ini menjadi bukti sejarah dari Kerajaan Hindu di Kalimantan tersebut. Tulisan pada prasasti Yupa menggunakan bahasa Sansakerta atau huruf Pallawa. Bagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 1870 adanya suatu penelitian di.

Bagi kamu yang suka baca buku sejarah pasti sudah tidak asing dengan kerajaan ini. Kerajaan ini banyak dibahas di buku-buku sekolah. Sosial budaya politik dan ekonomi.

Isinya menceritakan kehidupan politik sosial budaya dan agama. Sala satunya adalah Prasasti Yupa. Prasasti ini menjadi bukti sejarah terkuat bahwa pernah ada kerajaan Hindu yang terletak di Kalimantan.

Akan tetapi yupa memiliki tujuan tersendiri yaitu dijadikan sebagai wujud peninggalan atau bukti sejarah dari kerajaan kutai yang memiliki proses cerita dalam pembuatan maupun isi prasasti tersebut. Prasasti yupa bukan hanya sebagai benda peninggalan yang diketahui bahwa berasal dari kerajaan kutai. Ada 7 prasasti Yuoa yang masih bisa dilihat hingga hari ini.

7 prasasti peninggalan Kerajaan Kutai Martapura di Muara Kaman yang dikatakan sebagai kerajaan tertua di Nusantara dan merupakan Kerajaan Hindu pertama di Indonesia sudah cukup jelas kita ketengahkan dan sewajarnya kita ungkapkan karena telah dibahas dan diteliti secara mendalam. Prasasti Yupa merupakan prasasti peninggalan Kutai. Namun peninggalan sejarah Kerajaan Kutai tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Ada 7 prasasti Yuoa yang masih bisa dilihat hingga kini. Keberadaan kerajaan ini bermula ketika ditemukannya 7 buah prasasti berupa Yupa yang menggunakan huruf Pallawa dan pada bahasa sansekerta mengenalkan kerajaan Kutai dalam berbagai fitur kehidupan antara lain. Prasasti Yupa ditemukan di Bukit Berubus Muara Kaman Kalimantan Timur pada tahun 1879.

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua yang ditemukan oleh para ahli sejarah. Kerajaan Kutai yang terletak di Muara Kaman ini meninggalkan tujuh. Prasasti Kerajaan Kutai atau yang juga dikenal dengan nama Prasasti Yupa ini merupakan peninggalan Kerajaan Kutai yang berjaya pada abad ke-4.

Bagi yang belum membacanya bisa dibaca terlebih dahuluDalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua yang pernah. Terdapat 7 buah Prasasti Yupa yang masih bisa dilihat sampai sekarang. Sejak ditemukannya prasasti Yupa tersebut maka lahirlah nama kerajaan Kutai ini.

Kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan Hindu kuno tertua ini berada di tanah Kalimantan Timur. Kerajaan yang bercorak Hindu ini memiliki bukti sejarah tertua dari Kerajaan yang bercorak Hindu di Nusantara yaitu Prasasti Yupa. Yupa berbentuk tugu peringatan pada upacara tertentu.

Tidak ada bukti lain yang menjelaskan tentang keberadaannya serta lokasinya. Keberadaan Kerajaan Hindu tertua di Indonesia itu diketahui lantaran adanya peninggalan prasasti Yupa yng semuanya berjumlah 7. 7 Prasasti Yupa Peninggalan Kerajaan Kutai Sebagai Bukti Sejarah.

Prasasti Yupa merupakan prasasti pertama yang pernah dibuat oleh Kerajaan Kutai sekaligus menjadi peninggalan tertua dari kerajaan Hindu tersebut. Prasasti Yupa adalah salah satu peninggalan tertua Kerajaan Kutai dan objek ini adalah bukti sejarah Kerajaan Hindu di Kalimantan. Yupa adalah pilar batu yang digunakan untuk mengikat hewan atau korban manusia yang dipersembahkan kepada para Dewa dan pada pilar batu ada prasasti yang diukir.

Diperkirakan Prasasti Yupa dibuat oleh kaum Brahmana sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa dan perbuatan mulia raja kerajaan Kutai yang bernama Mulawarman. Peninggalan Kerajaan Kutai ini masih ada dan tersimpan rapi. KERAJAAN KUTAI Kerajaan Kutai merupakan Kerajaan Hindu pertama yang ada di Indonesia sejak abad ke 4 masehi.

Sumber dari letak Kerajaan Kutai dijelaskan di peninggalan yupa. Isi prasasti Yupa merupakan sumber utama yng mengungkapkan sejarah Kerajaan Kutai. Tetapi di dalam buku sejarah tersebut jarang yang memberi tahu peninggalan-peninggalan sejarah.

Dugaan tersebut diperkuat dengan isi dari prasasti yang menyebutkan bahwa Maharaja Kudungga raja di kerajaan Kutai memiliki putra yang masyhur yang bernama Sang. Ya kerajaan Kutai sering dibahas dalam buku pelajaran sejarah. Yupa sendiri merupakan sebuah tiang batu yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikat korban berupa hewan ataupun kita-kita.

7 Prasasti Kerajaan Kutai berbentuk tiang batu peninggalan sejarah ini dinamakan Yupa. Kerajaan tertua tersebut di ketemukan telah meninggalkan beberapa peninggalan bersejarah. Prasasti Yupa berbentuk seperti tiang batu yang dipakai untuk mengikat kurban hewan atau.

7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Kutai Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang berdiri pada abad 4 masehi. Awalnya yang ditemukan hanya 4 tiang batu saja namun setelah dilakukan pencarian kembali barulah 3 tiang batu lainnya ditemukan dan menggenapkan jumlahnya menjadi 7 tiang batu. Lokasi tepatnya adalah di hiliran sungai Mahakam kecamatan Muarakaman Kutai.


7 Prasasti Yupa Peninggalan Kerajaan Kutai Gambar Dan Penjelasan


16 Peninggalan Kerajaan Kutai Dan Gambarnya Prasasti Arca Pusaka


Markas Besar Kopaska Sejarah Kerajaan Kutai Kartanegara Kerajaan Kutai Martadipura Merupakan Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia Kerajaan Kutai Diperkirakan Muncul Pada Abad 5 M Atau 400 M Kerajaan Ini


Posting Komentar untuk "7 Prasasti Yupa Peninggalan Kerajaan Kutai"