Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Salah Satu Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Adalah Candi

Sriwijaya didirikan pada tahun 683 M hingga 1025 M. Letaknya berada di Dusun Karangasem Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Yogyakarta.


Muara Takus Temple Riau Sumatra Indonesia Is A Buddhist Temple Complex Thought To Belong To The Srivijaya Empire Sejarah Indonesia Candi

Salah satu peninggalan masa kejayaan Sriwijaya adalah Candi Muara Takus terletak di Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Salah satu peninggalan kerajaan sriwijaya adalah candi. Candi ini menjadi satu-satunya candi dengan corak Budha di Riau dengan beberapa bangunan terdiri dari candi sulung candi bungsu mahligai stupa dan palangka. Selain itu Candi Muara Takus adalah candi Buddha tertua di Pulau Sumatra. Candi Muara Takus merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yeng terletak di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Candi Muara Takus terletak di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kabupaten Kampar Riau Indonesia yang dikelilingi dengan tembok 74 x 74 meter terbuat dari batu putih ketinggian lebih kurang 80 cm. Sriwijaya adalah salah satu kerajaan penting yang berdiri di abad ke 7. Berikut ini terdapat 9 prasasti peninggalan dari kerajaan sriwijaya beserta gambarnya antara lain.

Bangunan candi ini sangat unik karena dibangun dari batu pasir batu sungai dan batu bata. Candi ini terletak di Magelang Jawa Tengah kurang lebih 100 km arah Barat Daya kota Semarang atau 40 km arah Barat Laut kota Yogyakarta dan. Candi ini adalah bukti peninggalan kerajaan Sriwijaya.

Candi ini berkaitan sangat erat dengan Prasasti Kota Kapur. Candi Muara Takus Bukti Peninggalan Sriwijaya. Bukti peninggalan kerajaan ini berupa candi prasasti berbagai pecahan gerabah dan keramik dari Cina.

Tidak banyak tahu bahwa Tombak trisula merupakan salah satu senjata yang mulai digunakan di era kerajaan Sriwijaya. Berikut prasasti dan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya dikutip dari sumber yang sama. Informasi mengenai tahun berapa situs candi didirikan ini masih simpang siur yaitu sekitar abad ke-4.

Selain candi muaro jambi ada candi bahal dan gapura sriwijaya yang juga menjadi peninggalan kerajaan Sriwijaya yang paling bersejarah. Demikian info lengkap peninggalan kerajaan Sriwijaya salah satunya adalah prasasti telaga batu. Lokasinya berada di desa Muara Takus Kecamatan Tigabelas Koto Kampas Kabupaten Kampar Propinsi Riau.

Banyak sekali kerajaan yang menorehkan sejarah penting dalam terentuknya Indonesia sebelum menjadi sebuah Negara. Kerajaan ini menguasai Nusantara selama 342. Candi ini sudah ada sejak jaman keemasan Kerajaan Sriwijaya dan menjadi salah satu pusat pemerintahan Kerajaan.

Berikut ini adalah sejumlah bukti peninggalan masa kejayaan Sriwijaya. Dari beberapa bukti peninggalan sejarah kerjaan di Indonesia Candi Muara Tikus adalah termasuk salah satu diantaranya. Sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Salah satu peninggalan menarik lainnya dari kerajaan Sriwijaya adalah Candi Muara Takus. Dilihat dari sejarahnya Candi Muara Takus adalah salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya. Kompleks Candi Muara Takus terdiri dari bangunan utama berupa stupa besar dan tinggi seperti menara Candi Bungsu Stupa Mahligai Candi Tua dan Palangka.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini. Candi yang berukuran 74 m x 74 m ini terbuat dari batu pasir batu bata dan batu sungai. Lokasi Candi Muara Takus terletak di Kecamatan XIII Koto Kabupaten Kampar Riau.

Salah satu peninggalan lain dari kerajaan Sriwijaya adalah Tombak Trisula. Prasasti ini ditemukan di Thailand sangat jauh dari pusat kerajaan Sriwijaya yakni. Candi Muara Takus merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Sriwijaya adalah salah satu kerajaan besar yang pernah berjaya menguasai Nusantara. Prasasti menceritakan perjalanan suci yang dilakukan oleh Dapunta Hyang dengan perahu. Bangunan peninggalan Kerajaan Sriwijaya selanjutnya adalah situs Candi Muara Takus.

Datang dari Pulau Sumatra candi bercorak Buddha satu ini berlokasi di Riau. Candi ini sempat menjadi salah satu pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-4 hingga abad ke. Candi Muara Takus adalah salah satu candi yang menjadi peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dimana bangunan candi ini terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar Riau.

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Adapun candi-candi yang dimaksud adalah sebagai berikut. Candi Muara Takus merupakan situs peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya yang sempat masuk menjadi kandidat dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009.

Candi Kota Kapur merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang terletak di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung. Candi Borobudur adalah candi peningalan agama Budha dan termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia. Kerajaan ini adalah kerajaan Melayu dengan nama yang berasal dari sansekerta.

Prasasti ini ditemukan di Kedukan Bukit dekat Palembang berangka tahun 605 Saka atau lebih kurang 683 Masehi. Seperti namanya prasasti ligor ditemukan di wilayah yang dahulunya bernama Ligor atau sekarang bernama Nakhon Si Thammarat Thailand Selatan. Candi ini adalah salah satu situs candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang serng disebut-sebut sebagai salah satu pusat pemerintahan Kerajaan pada masa kejayaannya.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya selanjutnya adalah Candi Muara Takus. Kerajaan Sriwijaya juga termasuk kerajaan yang berpengaruh besar terhadap kehidupan di Nusantara. Teori bahwa tombak Trisula digunakan di masa kerajaan Sriwijaya adalah adanya senjata trisula yang selalu dipegang oleh dewa Siwa yang merupakan salah satu dari tiga Trimurti dalam.

Kerajaan ini merupakan suatu kerajaan maritim bergaya Hindu-Budha dimana pusatnya berada di Palembang pulau Sumatera Indonesia. Sebenarnya banyak peninggalan kerajaan Sriwijaya yang bisa dijadikan bukti kebesaran kerajaan. Sama seperti Candi Muaro Jambi bahwa pada tahun 2009 Candi Muara Takus ini.


Danau Ini Terletak Sekitar 13 Km Ke Arah Barat Kota Garut Di Sini Ada Banyak Hal Yang Akan Membuat Anda Takjub Ada Sebuah Kampung Bernama Pu Danau Kota Candi


Candi Ngawen Candi Indonesia Sejarah


Pin Oleh Ari Di Ancient Sites Arkeologi Buddhisme Pulau


Posting Komentar untuk "Salah Satu Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Adalah Candi"