Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peninggalan Budaya Bangsa Portugis Di Indonesia

Kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia terhitung sebagai Kebudayaan Bangsa. Kebudayaan Eropa di Indonesia memang patut dipelajari.


5 Bangunan Peninggalan Portugis Di Indonesia

Peninggalan kebudayaan Eropa yang terdapat di Indonesia umumnya berbentuk sebagai berikut.

Peninggalan budaya bangsa portugis di indonesia. Peninggalan bangunan yang berupa benteng-benteng Portugis. Peninggalan bangunan yang berupa benteng-benteng Portugis. Kebudayaan Indonesia tentunya tidak berasal dari masa sekarang saja namun merupakan warisan dari nenek moyang yang telah ada sejak berabad abad lampau dan yang membentuk asal usul Nusantara kita.

Bangsa Portugis atau sekarang disebut Portugal merupakan salah satu bangsa yang ikut menjajah Indonesia selain bangsa Belanda Inggris Spanyol dan Jepang. Kesenian Tanjidor di Betawi. Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya terbukti dengan banyaknya suku suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah di pulau pulau kita.

Pada abad ke-16 bangsa Portugis membawa musik fado ke Nusantara. 5 Peninggalan Bangsa Portugis di Indonesia. Berkembangnya musik Keroncong berasal dari Portugis.

Masa Penjajahan Portugis di Indonesia LATAR BELAKANG KEDATANGAN PORTUGIS Sejak abad ke 7 Indonesia telah menjadi salah satu pusat perdagangan dan jalur lintas perdagangan internasional. Di Indonesia budaya Barat disebar seiring kekuasaan kolonial. Salah satu peninggalan budaya dari penjajahan bangsa Portugis dapat dilihat dari seni musik.

Berkembangnya musik Keroncong berasal dari Portugis. Koentjaraningrat mencatat pengaruh kebudayaan barat di Indonesia dimulai aktivitas perdagangan Portugis pada paruh pertama abad ke-16. Berikut adalah unsur budaya peninggalan Portugis di beberapa daerah Indonesia yang masih ada yaitu.

Tahun 1511 Portugis menaklukan Malaka pelabuhan dagang di sebelah barat kepulauan Indonesia. Musik fado adalah lagu rakyat Portugis bernada Arab. Meski keberadaan bangsa Spanyol di Indonesia dianggap relatif singkat pada tahun 1521-1529.

Sementara Indonesia merupakan bagian bangsa timur yang menghendaki harmoni komando dan kolektivitas. Dominasi Portugis di Maluku juga beralih ke tangan Belanda tahun 1621 ketika Jan Pieterszoon Coen mendirikan pos perdagangan kumpeni VOC di Kepulauan Banda. Kedatangan mereka juga disertai kebudayaan logam yang berasal dari Dongson Vietnam Utara.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan letak wilayah Indonesia yang secara geografis sangat strategis dan terbuka. Nama-nama keluarga di Maluku. Beberapa peninggalan-peninggalan budaya bangsa Spanyol di Indonesia diantaranya yaitu.

Masuk atau terinternalisasinya kosa-kosa kata ini sebenarnya tak terlepas dari interaksi pergaulan sehari-hari bangsa Protugis dengan berbagai suku bangsa yang berdiam di Nusantara Cikal-bakal Indonesia sejak abad pertengahan 15001600-an. Kerajaan Demak Sejarah Raja Sumber Peninggalan Masa. Jalan kereta api banyak dibangun pada abad ke-19 pada saat angkutan transportasi jalan tidak dapat memenuhi kebutuhan dalam mengangkut hasil perkebunan khususnya ketika perkebunan di daerah Jawa dan Sumatra semakin berkembang.

Selanjutnya pada tahun 1661 administrasi VOC membebaskan tawanan Portugis dan budak asal Goa India di Kampung Tugu. Pakaian prajurit kraton Yogyakarta. Berkembangnya agama KristenKatholik di Maluku yang disebarkan oleh Fransiscus Xaverius.

Di beberapa hal Anda bisa melihat banyak nilai yang terasa hingga sekarang. Peninggalan budaya Belanda lain adalah rumah tinggal. Indonesia terletak diantara dua benua Benua Asia dan Australia dan dua.

Inilah pembahasan selengkapnya mengenai unsur budaya peninggalan portugis di indonesia. Berkembangnya agama KristenKatholik di Maluku yang disebarkan oleh Fransiscus Xaverius. Kedatangan bangsa Portugis membawa dampak atau pengaruh lain bagi Indonesia dalam bidang kebudayaan yaitu.

1 2 dan 3 SAJA yang benar. Dalam pasal 32 UUD 1945 dinyatakan Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budi-daya rakyat Indonesia seluruhnya. Di Indonesia suku keturunan Deutro Melayu segera mengembangkan dirinya dan mendesak penduduk keturunan Proto Melayu yang telah lebih dulu menetap di nusantara ke daerah pedalaman.

Bangsa Portugis dan Bangsa Spanyol di Nusantara tidak sedikit meninggalkan berbagai peninggalan yang sampai sekarang masih dapat kita temui dan dapat kita rasakan baik berupa pengaruh kebudayaan bangunan maupun berbagai bahan makanan ataupun teknik pengolahannya. Berikut ini peninggalan masyarakat Deutro Melayu di Indonesia. Tapi mereka berhasil menyebarkan beberapa kebudayaannya yang peninggalannya masih bisa kita saksikan sekarang.

Admin dari blog Berbagai Unsur 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait unsur budaya peninggalan portugis di indonesia dibawah ini. Pada 15 Agustus 1511 mereka berhasil merebut Malaka dan kemudian ingin menguasai Maluku karena kekayaan rempah-rempahnya. Kedatangan bangsa Portugis membawa dampak atau pengaruh lain bagi Indonesia dalam bidang kebudayaan yaitu.


5 Peninggalan Bangsa Portugis Di Indonesia


5 Bangunan Peninggalan Portugis Di Indonesia Berita Maluku Utara


Partners Pulau Maitara Ini Sungguh Unik Selain Menjadi Icon Uang Seribu Rupiah Pulau Ini Juga Memiliki Kebun Cengkeh Ter Ternate Natural Landmarks Landmarks


Posting Komentar untuk "Peninggalan Budaya Bangsa Portugis Di Indonesia"