Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peninggalan Kerajaan Hayam Wuruk

Hayam Wuruk dilahirkan pada tahun 1334 M. Prasasti Warisan Kerajaan Majapahit masih dicari dan digali melalui referensi dari peninggalan yang telah ditemukan sebelumnya.


10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Beserta Gambarnya Paling Lengkap Sejarah Lengkap

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan budha terbesar pada masa kerajaan di Nusantara.

Peninggalan kerajaan hayam wuruk. Pada masa pemerintahannya melalui patihnya Gajah Mada s atu persatu kerajaan di nusantara dapat ditaklukkan dibawah Majapahit. Hayam Wuruk merupakan Raja ke IV Majapahit dan sekaligus sebagai raja yang paling terkenal. Raja Hayam Wuruk adalah raja Majapahit ke 4 yang memerintah Kerajaan Majapahit mulai tahun 1350-1389.

Dikatakan bahwa candi ini dibangun pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Gajah Mada wafat pada tahun 1364 M. Hayam Wuruk tidak berkenan atas tindakan Gajah Mada.

Silsilah dan Garis Keturunan Prabu Hayam Wuruk Kerajaan Majapahit. Berikut ini terdapat sepuluh 10 arca peninggalan kerajaan. Puncak kekuasaan Majapahit adalah pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk yang memerintah dari tahun 1350 hingga 1389 sebelum akhirnya runtuh sekitar tahun 1500 Masehi.

Peninggalan Kerajaan Majapahit setelah keruntuhannya meliputi situs candi karya sastra atau kitab dan prasasti. Pengganti Raja Tribuanatunggadewi ialah Raja Hayam Wuruk cucu dari Raden Wijaya. Di bawah raja Hayam Wuruk inilah Kerajaan Majapahit mencapai pada puncak kejayannya.

Asal usul silsilah dan biografi Hayam Wuruk menjadi satu bahasn yang tidak bisa dipisahkan ketika kita membahas sejarah Majapahit. Bukti dari kemahsyuran Kerajaan Majapahit dapat dilihat dari peninggalan. Bangunan peninggalan kerajaan ini terletak di Desa Candi Pari Kecamatan Porong Sidoarjo.

Setelah dua tokoh ini wafat Majapahit mengalami kemunduran. PENINGGALAN RAJA HAYAM WURUK RAJA MAJAPAHIT. Semasa pemerintahan Hayam Wuruk dan bantuan dari mahapatihnya Gajah Mada Kerajaan Majapahit berhasil memperluas wilayahnya.

Disini akan yang dibahas adalah peninggalan arca nya yang tersebar seantero nusantara. Puncak kejayaan dari Kerajaan Majapahit ini terjadi dibawah pemerintahan Hayam Wuruk yang disebut juga Rajasanagara pada 1350 -1389. Wilayah kerajaannya meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia sekarang ditambah Tumasik Singapura dan Semenanjung Melayu.

Sejak peristiwa itu hubungan keduanya renggang. Informasi yang di himpun dari berbagai sumber menyebutkan Empu Prapanca dalam kitabnya Negarakertagama mengatakan wilayah Majapahit sangat luas. Seluruh rombongan Kerajaan Pajajaran termasuk raja dan puterinya tewas.

Dibangun dengan batu bata segi empat seperti pura di Bali dan menghadap ke arah barat. Banyak sekali peninggalan-peninggalan pada masa kerajaan majapahit seperti prasasti candi kitab dan arca. Pada tahun 1350-1389 Majapahit mencapai masa keemasannya dibawah pemerintahan Prabu Hayam Wuruk bergelar Rajasanegara didampingi oleh Mahapatih Gajah Mada Adityawarman dan Mpu Nala sehingga pada masa tersebut Majapahit karena daerah kekuasaannya hampir meliputi seluruh Nusantara.

Sedangkan Hayam Wuruk wafat padatahun 1389. Marwati Djoenoed Poesponegoro dalam Sejarah Nasional Jilid. Namun kepiawaian dan kebijaksanaannya dalam hal mengatur pemerintahan membuat namanya tetap harum sebagai raja yang paling berprestasi sepanjang sejarah kerajaan di.

Berikut beberapa peninggalan bersejarah dari kerajaan Majapahit yang masih ada hingga sekarang. Namun terjadi peristiwa tragis saat sang raja berniat mempersunting Citraresmi Pitaloka putri dari Kerajaan Sunda. Di samping itu terjadi perebutan tahta Perang Paregreg wafatnya Hayam Wuruk tanpa penerus andal dan lepasnya kerajaan-kerajaan kecil dari Majapahit dianggap sebagai salah satu faktor penyebab runtuhnya Majapahit.

Majapahit berkembang sebagai kerajaan maritim sekaligus kerajaan agraris. RAJA Hayam Wuruk yang bergelar Sri Raja sanagara naik takhta kerajaan Majapahit di usia belia yakni 16 tahun. Kerajaan Majapahit mencapai masa keemasan saat pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang memimpin dari tahun 1350 sampai dengan 1389 Masehi.

Gelar Hayam Wuruk adalah Sri Rajasanagara. Tirtoid - Hayam Wuruk merupakan raja keempat dalam sejarah. Hayam Wuruk memimpin kerajaan Majapahit di usia yang masih sangat belia yakni 16 tahun.

Kerajaan ini menjadi kerajaan Hindu Budha terakhir di Nusantara. Sama hal nya dengan biografi Raden Wijaya membahas silsilah Hayam Wuruk juga menjadi hal yang menarik. Raja Hayam Wuruk pun dianggap sebagai raja yang paling sukses dalam menjalankan pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Pada masa kepemimpinannya lah Kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaan.


10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Beserta Gambarnya Paling Lengkap Sejarah Lengkap


10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Ini Wajib Lo Nikmati Keanggunannya Secara Langsung


6 Peninggalan Kerajaan Majapahit Dari Kitab Sampai Candi


Posting Komentar untuk "Peninggalan Kerajaan Hayam Wuruk"